Pages

Kamis, 20 November 2014

LARI ESTAFET

1)        Pergantian tongkat cara non visual untuk 4 x 100 m
Penerima membuat tanda pada lintasan sebagai pedoman saat yang tepat untuk melakukan start bila pemberi tongkat telah datang. Tanda ini terletak pada tempat kira-kira 15-20 panjang tapak kakinya sendiri dari tempat ia berdiri. Tempat berdiri ini boleh pada garis awal daerah pergantian, boleh pada tempat 10 m sebelumnya.
Penerima memperhatihan dengan sungguh tanda (checkmark), tepat pada saat pemberi sampai pada tanda tersebut, secepatnya ia melakukan start dengan kecepatan setinggi-tingginya tanpa menoleh kebelakang. Setelah mendengar teriakan atau panggilan untuk menerima tongkat dari pemberi tongkat, ia mengulurkan tangannya jauh kebelakang tanpa mengurangi kecepatan lari. Cara pergantian tongkat estafet dapat dilihat pada gambar 2. Jika pemberi tongkat memberikan dengan tangan kiri, maka penerima menggunakan tangan kanan dan larinya disisi kiri dari lintasan, dan sebaliknya.
Pelari yang memberikan tongkat, menjatuhkan tangannya ke depan tanpa mengganggu gerakan kecepatan larinya, sedangkan si penerima mengerakkan tangannya ke belakang setengah bengkok dengan ibu jari menunjuk ke arah badan dan jari-jari lainnya rapat jauh terlepas dari ibu jari. Lengan terpisah dari tubuh sedangkan tangan tidak diangkat terlalu tinggi.
Kedua pelari harus tidak berlari terlalu berdekatan. Pelari pertama berlari kurang lebih 105m, pelari ke-dua kurang lebih 125m, pelari ke-tiga kurang lebih 125m dan pelari terakhir kurang lebih 120m. Pergantian tongkat terakhir harus dilakukan dekat dengan batas akhir daerah pergantian.
2)        Pergantian tongkat estafet cara visual
Penerima melihat kedatangan pelari yang akan memberikan tongkat dengan memperhatikan kecepatan dengan sebaik-baiknya. Cara pergantian tongkat dapat dilihat pada gambar 4. Pada saat pemberi datang segera melakukan start dengan kecepatan yang disesuaikan dengan kecepatan pemberi sambil mengulurkan tanggannya kebelakang untuk menerima tongkat. Penerima tongkat berlangsung sebelum pelari melampaui jarak 10 m sesudah garis permulaan daerah pergantian.
Pelari pertama lari pada pada lintasannya masing-masing. Pelari kedua masih lari pada lintasannya sendiri melewati tikungan sampai tanda pada bagian lurus, lalu pelari dibebaskan untuk menempati lintasan paling dalam. Pelari ketiga dan keempat bebas (sebaiknya lari pada lintasan paling dalam)
3)        Latihan teknik
-          Empat atlet berdiri berbanjar dan memberikan tongkat dari atlet yang dibelakag kedepan, dengan cara yang benar (panggil, lihat, berikan) dalam urutan ini.
-          Lakukan kegiatan sebelumnya dengan di tambah berjalan dengan jarak jangan terlalu dekat dengan yang lain serta lari kecil kemudian lebih cepat.
-          Pergantian tongkat antara kedua pelari, satu badan lintasan lurus yang lain di tikungan, pelari penerima menunggu di tempat yang betul, pelari yang datang start dari tempat kurang lebih 40m di belakang.
-          Lakukan yang sebelumnya tetapi di atur seperti suatu perlombaan.
(1)      Cara memegang tongkat 
Berbaris berbanjar menjadi beberapa kelompok, secara bergantian memegang tongkat, dimulai dari depan sampai belakang, tongat dipegang pada ujung bawah.
(2)      Posisi tangan ketika menerima dan memberi tongkat
Berbaris berbanjar yang dibagi menjadi beberapa kelompok melatih posisi tangan pada saat memberi dan menerima tongkat estafet, pertama dilakukan secara visual yaitu posisi melihat tongkat saat menerima tongkat, dan yang kedua dilakukan secara non visual yaitu posisi tidak melihat tongkat saat menerima tongkat.
(3)      Cara memberi dan menerima tongkat
-     Berbaris berbanjar dibagi menjadi beberapa kelompok berada dalam satu lintasan. Posisi tetap pada lintasan (diam), berjarak kira-kira setengah meter.
-     Pelari pertama berada di sisi kiri lintasan, pelari kedua di sisi kanan lintasan, pelari ketiga di sisi kiri, dan pelari ke empat di sisi kanan (zig zag).
-     Pelari dibelakang adalah pelari pertama yang memegang tongkat berada di sebelah kanan, di berikan kepada pelari kedua yang menerima dengan tangan kiri, pelari kedua memberikan pada pelari ketiga yang menerima dengan tangan kanan, dan pelari ketiga memberikan pada pelari keempat yang menerima dengan tangan kiri.
-     Dilakukan secara visual dan non visual.
-     Setelah dilakukan dengan jarak setengah meter, kemudain di tingkatkan menjadi 1 meter, 2 meter, dan seterusnya
(4)      Cara menerima dan memberi tongkat dengan berjalan secara bersama-sama
-     Berbaris berbanjar yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Pelari berada dalam satu lintasan.
-     Pelari pertama berada di sisi kiri lintasan, pelari kedua di sisi kanan lintasan, pelari ketiga di sisi kiri, dan pelari ke empat di sisi kanan (zig zag).
-     Pelari dibelakang adalah pelari pertama yang memegang tongkat berada di sebelah kanan, di berikan kepada pelari kedua yang menerima dengan tangan kiri, pelari kedua memberikan pada pelari ketiga yang menerima dengan tangan kanan, dan pelari ketiga memberikan pada pelari keempat yang menerima dengan tangan kiri.
-     Pelari berjalan secara bersama-sama.
-     Dengan posisi berjalan kedepan, pelari pertama (pelari paling belakang) memberikan aba-aba (isyarat) kepada pelari didepannya untuk menerima tongkat.
-     Setelah pelari keempat (pelari paling depan) menerima tongkat, tongkat tersebut diletakkan di lintasan, kemudian diambil oleh pelari paling belakang untuk melanjutkan lagi.
-     Dilakukan secara visual dan non visual
(5)      Cara menerima dan memberi tongkat dengan jogging bersama-sama
-     Setelah melakukan tahap diatas dapat dilakukan, maka langkah selanjutnya dapat dilaksanakan dengan jogging.

0 komentar:

Posting Komentar

Search